Marketing Politik dan Politisi Perempuan
(Analisis Kemenangan Ra. Anita Noeringhati sebagai Petahana DPRD Sumatera Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.33830/jiapi.v4i2.134Keywords:
pemasaran politik, legislatif , kontestan pemiluAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemasaran politik dalam mendukung kemenangan perempuan dalam pemilu, dengan fokus pada kasus Anita Noeringhati. Dengan menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, dokumentasi, buku, dan jurnal, menghasilkan analisis komprehensif. Ditemukan bahwa beberapa indikator utama dari strategi pemasaran politik Anita Noeringhati termasuk manajemen kampanye yang efektif, analisis pasar politik yang cermat, dan pengembangan strategi politik yang inovatif. Penentuan strategi ini, yang merupakan sintesis dari indikator-indikator tersebut, berperan penting dalam membawa Anita ke kemenangan. Penelitian ini juga mengungkap bahwa isu kontemporer dan penggunaan media baru tidak berperan signifikan dalam kemenangan Anita dalam pemilu DPRD Sumatera Selatan 2019. Hasil ini menyoroti pentingnya manajemen kampanye yang baik dan strategi pemasaran politik yang matang dalam menunjang keberhasilan kandidat perempuan. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa kandidat lain, terutama perempuan, dapat mengadopsi pendekatan serupa untuk meningkatkan peluang kemenangan mereka dalam kontestasi politik. Ini menawarkan wawasan berharga bagi para politisi yang ingin meningkatkan efektivitas kampanye mereka.
References
Ahmad, N. (2012). Manajemen Komunikasi Politik dan Marketing Politik. Pustaka Zaman.
Angelina, B. (2018). Analisis Faktor Pemasaran Politik Dalam Memilih Walikota Bogor Oleh Generasi Milenial. Institut Pertanian Bogor.
Apriliana, R. (2018). Analisis Pengaruh Marketing Politik Dan Brand Personality Terhadap Keputusan Memilih Bupati Jepara, Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pemilihan Bupati Jepara Periode 2017 – 2022). Universitas Diponegoro.
Damayanti, S. (2019). Marketing Politik Calon Anggota Dpr Ri Ledia Hanifa Amaliah Dalam Pemilihan Anggota Dpr Ri Periode 2014-2019. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Firmanzah. (2008). Marketing Politik; Antara Pemahaman dan Realitas. Yayasan Obor Indonesia.
Haryadi, S. (2019, September 24). RA Anita Noeringhati, Singa Betina dari Panggung Legislatif. Sripoku.com.
Hidayat, A. N. (2020). Pemasaran Politik (Political Marketing) Tomy Satria Yulianto (Tsy) Dalam Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Bulukumba Periode 2020-2025. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Karisma, C., & Angin, R. (2019). Marketing Politik Calon Anggota Legislatif Perempuan Terpilih Dari Pks Periode Pemilihan Umum 2009 Dan 2019 Di Kabupaten Jember. Universitas Muhammadyah Jember, 7.
Karoana, B. S. (2017). Marketing Politik Dalam Pilkada Serentak 2015 Di Kabupaten Kendal (Studi Pemenangan Pasangan Dr. Mirna Anisa M.Si Dan Masrur Masykur). Universitas Negeri Semarang.
Lees-Marshment, J. (2009). Marketing Politics?: Prinsiples and Application. Routledge Publication.
Muzaffarsyah, T., Akmal, M., & Sikumbang, F. (2019). Strategi Calon Legislatif Perempuan Partai Demokrat Dalam Memobilisasi Dukungan Pada Pemilihan Legislatif Tahun 2019 Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Politik dan Pemerintahan, Volume 4 N.
Newman, B. I. (1999). Handbook of Political Marketing. Sage Publication Inc.
Sholeha, D. A. (2015). Marketing Partai Politik Demokrat Dalam Pemilu Legislatif 2014 Di Magelang. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Sugiyono. (2013). Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Suherman, A. (2019). Strategi Marketing Politik Anggota Legislatif Perempuan Pada Pemilu Tahun 2014 Di Kota Baubau. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, II(36), 11–21.
Sutrisno, Yuningsih, N. Y., & Agustino, L. (2018). Komparasi Teori Marketing Politik 4p Menurut Niffenegger dan 3p Menurut Adman Nursal. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 6 (2), 106–111. https://doi.org/10.31289/jppuma.v6i2.1617
Wahid, U. (2016). Komunikasi Politik: Teori, Konsep, dan Aplikasi pada Era Media Baru. Simbiosa Rekatama Media.
Yustian, Y. (2008). Strategi Kampanye Politik Calon Incumbent Dan Pendatang Baru Dalam Pemilihan Kepala Daerah. Institut Pertanian Bogor.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizki Maharani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in JIAPI: Jurnal Ilmu Administrasi dan Pemerintahan Indonesia agrees to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.